Tuesday, February 13, 2007

Colorfull Life

Sebuah Suzuki Katana merah B 2128 OP melaju cepat ditengah derasnya hujan, dan gelapnya jalur utama Pantura ruas Semarang-Kudus. Jalan yang berlubang-lubang, licin, bergelombang ngga mempengaruhinya tuk tetap melaju mendahului truk-truk besar yang berjalan lambat di kanan jalan. Disain mobil yang sedemikian sehingga membuat penumpang didalamnya merasa kurang nyaman jika berjalan dengan kondisi jalan dan prilaku mengemudi seperti tadi tidak di indahkan olehnya. Didalam kabin, siaran radio lokal terdengar sayup dari radio di tengah dashboard seakan hanya untuk menemani perjalanan yang terasa sangat jauh. Kepulan asap rokok Marlboro merah menyeruak menyelimuti kabin yang memang tertutup-akibat hujan yang lebat itu.


Yup, seorang anak muda, ups bukan! Seorang bapak, ups bukan juga!

Baiklah, seorang "a man want to be" -berkaus vintage, jeans dengan disain terlihat lusuh meskipun itu baru, sepatu kanvas- sedang "menikmati" perjalanan panjang malam itu ditengah guyuran hujan lebat. Raut mukanya yang berubah-ubah tiap saat menandakan ia sedang berfikir tentang jalan hidupnya yang penuh warna. Kadang ia mengerenyitkan dahi seakan sedang bertanya pada dirinya sendiri mengapa hal ini bisa terjadi. Kadang ia tersenyum simpul seakan malu akan kejadian lucu atau sedikit memalukan yang telah menimpa dirinya. Kadang ia terlihat murung seakan menyesali kejadian menyedihkan yang menimpa dirinya.

Saat itu perjalanan telah sampai di kota Demak, tugu penyambutan dengan tulisan DEMAK KOTA WALI terpampang pada sebuah pelat besi setengah lingkaran diatas jalan sebagai pintu gerbang kota itu. Ia teringat kejadian sore tadi yang benar2 di luar batas fikirnya. Yang membuatnya bodoh dan bingung. Yang membuatnya tak bisa banyak melakukan apa2. Membuatnya berdiri hampa. Membuatnya terpana.

Kejadian tadi sore telah kembali membawanya merenungi jalan hidup yang telah ia lewati, yang sedang ia jalani dan yang akan ia hadapi esok nanti. Kejadian tadi sore juga mengingatkannya pada sebuah email yang ia terima tiga hari yang lalu....

Dear All,

Sekarang terserah elo mo gimana jalanin niy idup....
Mau abstract, naturalis, ........ terserah kalian...

Regards,

Kodit.

-----Original Messege-----
From : Mahmud Efendi
To : Mailist wong Edan mau sehat
Sent : Wednesday, February 7, 2007 09:00 am
Subject : Colorfull Life


Hi semua,

Mudah2an kata bijak ini bisa menginspirasi kamu semua tuk mewarnai
hidup (taelaaaaahhhh........)

Life is a great big canvas,
and you should throw all the paint on it you can - by Danny Kaye

Regards,

Mutmut

Perjalanan sudah memasuki daerah Tahunan - Jepara ketika ia kembali teringat pesan ayahnya yang selalu mengingatkannya baik lewat SMS atau SLJJ tuk selalu ingat kepada Sang Maha Pencipta, Penguasa Langit dan Bumi, Maha Pengasih dan Maha Penyayang.
Back to Quran! Begitulah kata pamungkas nya.

Ia pun mulai merasa tenang, pikirannya fokus, prilaku mengemudinya mulai teratur, suasana kabin pun mulai terasa nyaman, hujan diluar sudah berhenti angin segar berhembus ketika ia membuka lebar kaca pintu mobilnya. Mobil terus berjalan menyusuri Jl. Pemuda, melewati dua kali persimpangan jalan sampai bertemu bundaran Tugu Kartini, berbelok ke kiri melewati Kantor POLRES Jepara. Suasana jalan yang sepi karena memang sudah malam membuatnya leluasa bermanuver tanpa rem berbelok ke kanan sebelum jembatan kanal memasuki Jl. Dr. Wahidin. Mobil yang di disain kompak ini memang sangat cocok tuk terus bermanuver berbelok lagi ke kanan memasuki Gg. Beringin yang kurang begitu lebar. Berbelok lagi ke kanan di pertigaan pertama lalu langsung masuk ke dalam garasi rumah kedua sebelah kanan jalan.

Setelah mematikan mesin dan mengunci pintu mobil ia pun segera mandi, berwudhu, menunaikan sholat 'isya, membaca sehelai ayat2 Quran. Ia pun segera beranjak tidur tuk melupakan sejenak kepelikan hidup ini.

3 Comments:

At 12:31 AM, Blogger Rey said...

gaya bertutur lo narasi ya kal... berdasarkan urut2an waktu, hhmmm ato deskripsi ya? yaahh begini lah kalo nilai bhs indo-nya jelek, mo komen aja susah.

Knp ya, gue tu mbayangin penggambaran diri lo bak koboi yang kumuh gitu. Eniwei, nice quotation :D

 
At 1:29 AM, Blogger hasyimhaikal said...

:: rey = sebenernya emang koboi rey. Tapi koboi yang ga konsisten. Kadang kumuh kadang sok metroseksual, meskipun muke mirip metromini.
Anyway jadwal kunjungan salon gw masih teratur lo.....:-p

 
At 5:48 PM, Blogger Manusia [tidak] bodoh said...

hehehe jepara banget dah rasanya!!!

 

Post a Comment

<< Home